Pengembangan Profil Belajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Elemen Sejarah Kebudayaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurkula

Authors

  • Putu Sri Purnama Dewi STAHN Mpu Kuturan Singaraja Author
  • Ida Ayu Dwidyaniti Wira Universitas Triatma Mulya Author

Keywords:

Profile Belajar Pancasila, Kompetensi Guru, Sejarah Kebudayaan Hindu, Yayasan Pasraman Gurukula

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan profil belajar Pancasila dalam konteks pengajaran sejarah kebudayaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurukula, Kabupaten Bangli, sebagai upaya untuk memperkuat kompetensi guru. Pengembangan ini didorong oleh kebutuhan untuk memastikan bahwa pengajaran tidak hanya bersifat informatif tetapi juga membentuk karakter siswa yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan melibatkan guru sebagai subjek utama dalam proses pengembangan. Proses pengumpulan data melalui tahapan pengamatan, literatur, evaluasi dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan profil belajar Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman guru terhadap integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pengajaran sejarah kebudayaan Hindu.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Profil Belajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Elemen Sejarah Kebudayaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurkula. (2024). Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 133-141. https://journal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/caraka/article/view/329

Similar Articles

11-20 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.