Pengembangan Profil Belajar Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Elemen Sejarah Kebudayaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurkula
Keywords:
Profile Belajar Pancasila, Kompetensi Guru, Sejarah Kebudayaan Hindu, Yayasan Pasraman GurukulaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan profil belajar Pancasila dalam konteks pengajaran sejarah kebudayaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurukula, Kabupaten Bangli, sebagai upaya untuk memperkuat kompetensi guru. Pengembangan ini didorong oleh kebutuhan untuk memastikan bahwa pengajaran tidak hanya bersifat informatif tetapi juga membentuk karakter siswa yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan melibatkan guru sebagai subjek utama dalam proses pengembangan. Proses pengumpulan data melalui tahapan pengamatan, literatur, evaluasi dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan profil belajar Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman guru terhadap integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pengajaran sejarah kebudayaan Hindu.