Pelatihan Penguatan Nilai Pancasila di Desa Rejuno Ngawi: Menjadi Warga Digital Yang Cerdas Dalam Arus Politik Identitas

Authors

  • Siti Maizul Habibah Universitas Negeri Surabaya Author
  • Iman Pasu MHP Universitas Negeri Surabaya Author
  • Rahmanu Wijaya Universitas Negeri Surabaya Author
  • Mi’rojul Huda Universitas Negeri Surabaya Author

Keywords:

pelatihan, penguatan, nilai pancasila, warga digital

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan digital warga Desa Rejuno, Ngawi, dalam konteks politik identitas, khususnya dalam perayaan Hari Lahir Pancasila. Melalui serangkaian pelatihan, partisipan dibekali dengan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi digital untuk memahami, menganalisis, dan berpartisipasi dalam dinamika politik identitas yang berkembang di masyarakat. Metode pelatihan melibatkan workshop interaktif, diskusi kelompok, dan penerapan praktis dalam situasi nyata. Evaluasi dilakukan melalui survei prapostest dan postest, serta observasi langsung terhadap partisipasi dan keterlibatan peserta dalam aktivitas politik identitas setelah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital partisipan dalam memanfaatkan platform online untuk berkontribusi dalam politik identitas, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan politik kontemporer. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan literasi digital dan kesadaran politik masyarakat lokal, serta memberikan landasan bagi upaya serupa di wilayah lain dengan tantangan serupa.

Downloads

Published

2025-04-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan Penguatan Nilai Pancasila di Desa Rejuno Ngawi: Menjadi Warga Digital Yang Cerdas Dalam Arus Politik Identitas . (2025). Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 42-50. https://journal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/caraka/article/view/1135

Similar Articles

11-18 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.