Implementasi Nilai-Nilai Agama Hindu Dalam Praktik Yoga Bagi Murid Sekolah Dasar Yayasan Pasraman Gurukula
Keywords:
implementasi, agama hindu, yogaAbstract
Yoga adalah praktik fisik, mental, dan spiritual yang berasal dari tradisi India, yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan dan harmoni antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Melalui serangkaian postur (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi, yoga membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, konsentrasi, dan ketenangan batin. Selain sebagai bentuk latihan jasmani, yoga juga mengajarkan nilai-nilai etika dan spiritual yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yoga merupakani salah satu warisan spiritual dalam agama Hindu, memiliki potensi besar untuk mendukung perkembangan fisik, mental, dan spiritual anak-anak. Implementasi yoga yang memiliki akar dalam tradisi Hindu, tidak hanya berfungsi sebagai latihan fisik, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun karakter, disiplin, dan ketenangan batin. Melalui pengajaran nilai-nilai seperti ahimsa (tanpa kekerasan), satya (kebenaran), dan svadhyaya (pengenalan diri), siswa dapat memahami pentingnya hubungan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Kegiatan yoga di sekolah dasar diharapkan dapat membantu anak-anak dalam mengelola stres, meningkatkan konsentrasi, dan membangun rasa empati serta toleransi terhadap sesama. Selain itu, dengan mengintegrasikan ritual dan mantra dalam sesi yoga, siswa akan diajarkan untuk menghargai budaya dan tradisi Hindu, sehingga dapat memperkuat identitas dan nilai-nilai kebersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas program yoga berbasis nilai-nilai agama Hindu dalam meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik siswa, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter yang positif. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih inklusif dan berorientasi pada nilai-nilai spiritual.